Olahraga Mempertajam Kekuatan Mental dan Menambah Kapasitas Dalam Berpikir

A. Olahraga Mempertajam Kekuatan Mental
Manfaat olahraga dalam rangka menjaga kesehatan tubuh telah lama dibuktikan. Latihan atau olahraga tidak hanya penting untuk memelihara kebugaran fisik tetapi juga kesehatan mental. Dewasa ini, efek positif atau manfaat olahraga bertambah panjang dengan adanya temuan bukti baru dari Daniel M. Landers, yang merupakan profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona.

Cukup dengan menggerakkan tubuh selama 10 menit setiap hari, maka kesehatan mental dapat meningkat dengan cepat. Selain itu, daya pikir akan bertambah jernih, dan dapat mengurangi ketegangan (stress), serta membuat perasaan menjadi lebih riang. Menurut Landers, ada 5 manfaat olahraga yang dapat menyehatkan mental seseorang.

Telah terbukti bahwa dengan melakukan kegiatan fisik secara rutin, seseorang dapat meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Hal ini dikarenakan tubuh yang sehat dan prima akan memompa lebih banyak darah. Banyaknya darah yang dipompa akan menghasilkan peningkatan kadar oksigen dalam darah sehingga mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli telah sepakat bahwa otak seseorang yang mendapat kecukupan asupan darah akan menghasilkan peningkatan dalam reaksi fisik dan mental.

Selain itu, riset membuktikan bahwa latihan sederhan seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita usia di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama hal ini dilakukan maka penurunan mental pun kian melambat. Kabarnya, telah banyak orang yang merasakan manfaat dari latihan sederhana tersebut. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi karena latihan ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki di sekitar rumah.

Sudahkah Anda berolahraga dengan rutin? Jika Anda sudah melakukannya, pasti sudah banyak pula manfaat yang telah Anda rasakan selama ini. Baik yang dapat dirasakan secara langsung, maupun yang Anda alami dalam jenjang waktu tertentu. Semua manfaat tersebut, merefleksikan atau menggambarkan keseriusan usaha yang Anda lakukan dalam latihan.

Namun lebih dari itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga. Manfaat olahraga selain dapat mewujudkan kesehatan fisik dan kesegaran mental, tetapi juga memberikan kebanggaan atas apa yang telah dilatihkan dengan tekun. Misalnya, sebagai atlet yang memperoleh prestasi dalam sebuah cabang olahraga. Selain itu, banyak juga masyarakat yang telah bekerja memilih mengikuti senam aerobik di sela-sela kesibukkan mereka. Mereka beralasan bahwa kalau jantung kita bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga maka terjadi penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang alfa ini berhubungan dengan keadaan rileks atau santai seseorang, seperti pada waktu bermeditasi. Gelombang ini terlihat pada seorang yang sedang joging dalam waktu 20 sampai 30 menit, dan tetap dapat diukur setelah olahraga tersebut berakhir. Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

Salah satu kentungan kejiwaan yang lain yaitu munculnya rasa percaya diri dalam diri seseorang. Jadi dewasa ini, percaya diri tidak hanya dapat dicapai dengan mengandalkan keindahan fisik saja. Sebuah studi kasus di AS membuktikan kalau para remaja yang aktif berolahraga memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan teman-teman mereka yang memiliki tubuh dan penampilan indah. Kemantapan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan, yakni citra tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima, bukan semata giat berolahraga karena terobsesi dengan figur fisik para model di sampul majalah.

Dengan keadaan tersebut maka, hiasilah hidup dengan aktifitas olahraga karena olahraga akan mewujudkan kesehatan dan kebugaran tubuh, kesehatan otak, penurunan tingkat stress, serta meningkatkan rasa percaya diri. Semoga bermanfaat.

B. Olahraga Menambah Kapasitas Dalam Berpikir
Olahraga atau latihan fisik yang dilakukan secara rutin dan sesuai dengan porsi dari setiap individu akan dapat meningkatkan jumlah darah yang dipompa keseluruh tubuh. Semakin banyak darah yang mengalir ke otak semakin banyak pula oksigen yang disuplai ke otak sehingga sel-sel otak dapat bekerja dengan baik.
Penelitian lain membuktikan bahwa sel saraf otak yang rusak akibat stres dan kerja dapat ditumbuhkan lagi dengan program olahraga selama 3 bulan. Akibatnya, sel-sel saraf yang berhubungan secara erat satu sama lain juga bertambah. Apabila hal ini berkesinambungan maka kapasitas berfikir kita akan semakin besar dan cepat.

Selain itu, di dalam otak juga terdapat zat protein yang dinamakan dengan Brain-Denved Neurotrophic Factor (BDNF). Zat protein ini memungkinkan sel-sel saraf otak untuk membentuk percabangan baru atau jalinan baru. Dengan adanya cabang baru tersebut, kita dapat lebih mudah menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan, dan lain-lain. Salah satu hal yang dapat meningkatkan BDNF ini yaitu dengan berolahraga secar teratur. Sehingga dapat disimpulakan bahwa olahraga dapat meningkatkan konsentrasi, dan menambah kapasitas berfikir kita.

Daftar Rujukan

http://www.smallcrab.com/kesehatan/25-healthy/605-manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-mental, (Diakses 7 Desember 2009).

http://281online.tripod.com/iptek/fungsiotak.html, (Diakses 7 Desember 2009).

Guntar, Akhmad. Olahraga ternyata juga Bikin Lebih Pinter Meningkatkan daya Ingat, (Online),(http://akhmadguntar.com/wawasan/olahraga-tyt-jg-bikin-lebih-pinter/, Diakses 7 Desember 2009).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: