LANDASAN PENDIDIKAN

I. Landasan Filosofi

Pendidikan dan filsafat mempunyai kaitan yang erat satu dengan yang lain. Filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan masyarakat. Sedangkan pendidikan berusaha mewujudkan citra tersebut. Oleh karena itu landasan filsafat wajib dimiliki oleh setiap pendidik atau guru yang menjadi pedoman perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam tugas pendidikan.

Menurut Ardhana dkk aliran-aliran filsafat adalah sebagai berikut :

a.Idealisme
Aliran ini menegaskan bahwa hakikat kenyataan adalah ide sebagai gagasan kejiwaan. Idealisme juga disebut spiritualisme, mengajarkan bahwa ide atau spirit manusia yang menentukan hidup dan pengertian manusia.

b. Realisme
Aliran ini menekankan bahwa nilai-nilai yang bersifat absolut dan abadi berdasarkan hukum alam. Aliran ini sering disebut dengan positivisme atau meterialisme.

c. Perenialisme
Aliran ini menekankan pada teori kehikmatan, yaitu :
1. Pengetahuan yang benar (truth)
2. Keindahan (beauty)
3. Kecintaan pada kebaikan (goodness)
Dinamakan perenialisme karena kurikulumnya berisi materi yang konstan atau perennial.

d. Esensialisme
Aliran ini merupakan mazhab filsafat pendidikan yang menerapkan prinsip idealisme dan realisme secara elekptis. Aliran ini sering disebut pemelihara atau pelestarian kebudayaan.

e. Pragmatisme
Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa kebenaran adalah apa yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan perantaraan akibat-akibatnya bermanfaat secara praktis.

f. Progresivisme
aliran ini merupakan gerakan pendidikan progresif yang bertujuan mengembangkan teori pendidikan yang mendasarkan diri pada beberapa prinsip.
g. Rekonstruksionisme
aliran ini merupakan variasi aliran progresivisme yang menginginkan kondisi manusia pada umumnya harus diperbaiki dan bercita-cita merekonstruksi kehidupan manusia secara total.

h. Eksistensialisme
Filsafat pendidikan ini berpendapat bahwa kenyataan atau kebenaran adalah eksistensi atau adanya individu manusia itu sendiri.

Manfaat Landasan Filsafat
• Menentukan arah akan kemana anak didik dibawa
• Mendapatkan gambaran yg jelas tentang hasil yg harus dicapai dalam program pendidikan
• Menentukan cara dan proses untuk mencapai tujuan pendidikan yg ingin dicapai
• Memberi kesatuan yg bulat ttg segala upaya pendidikan yg dilakukan
• Memungkinkan para pengelola pendidikan melakukan penilaian ttg segala upaya yg telah dilaksanakan dalam implementasi pendidikan.

II. Landasan Sosiologis

Ialah sosiologi pendidikan yang merupakan analisis ilmiah ttg proses sosial dan pola-pola interaksi sosial dalam sistem pendidikan.

Sosiologi sendiri mempunyai makna ilmu yang mempelajari berbagai tindakan sosial yg menjelma dalam realitas sosial. (August Comte 1839).
Sosiologi adalah ilmu yg mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok dan struktur sosialnya. (Pidarta 1997).

Kajian sosiologi tentang pendidikan, pendidikan dalam hal ini mencakup semua jalur pendidikan baik pendidikan sekolah maupun pendidikan di luar sekolah yg dipengaruhi oleh berbagai kelompok sosial masyarakat.Untuk terciptanya kehidupan bermasyarakat yag rukun dan damai terciptalah nilai –nilai sosial dan norma-norma yang dalam perkembangannya dan harus dipatuhi oleh masing-masing anggota masyarakat.

Norma-norma kehidupan masyarakat menurut yang dianut pengikutnya adalah :
a. Paham individualisme
b. Paham kolektivisme
c. Paham integralistik

III. Landasan Kultural

Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia berupa norma-norma, nilai-nilai, kepercayaan, dan tingkah laku yang dipelajari dan dimiliki oleh semua individu.

Proses transformasi nilai-nilai kebudayaan tersebut ada tiga bentuk, yaitu :
1 Nilai-nilai yang masih cocok diteruskan
2. Nilai-nilai yang kurang cocok diperbaiki
3. Nilai-nilai yang tidak cocok diganti atau ditinggalkan

IV. Landasan Psikologis Pendidikan

Psikologi adalah kajian ilmiah atau ilmu tentang jiwa, roh atau mental.
Menurut Maslow kebutuhan manusia dibagi menjadi enam kelompok mulai dari yang paling rendah, yaitu :
1. Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan untuk mempertahankan hidup (makan, tidur dan sebagainya)
2. Kebutuhan rasa aman
Yaitu kebutuhan untuk secara terus-menerus merasa aman dan bebas dari ketakutan.
3. Kebutuhan akan cinta dan pengakuar
Kebutuhan berkaitan dengan kasih saying dan cinta dalam kelompok dan dilindungi oleh orang lain.
4. Kebutuhan harga diri
Yaitu kebutuhan berkaitan dengan perolehan pengakuan oleh orang lain sebagai orang yang berkehendak baik.
5. Kebutuhan untuk aktualisasi diri
Yaitu kebutuhan untuk dapat melakukan sesuatu yang mewujudkan potensi-potensi yang dimiliki (menyatakan pendapat, perasaan).
6. Kebutuhan untuk mngetahui dan memahami
Yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan penguasaan IPTEK.

Keunikan sifat pribadi seseorang terbentuk karena peranan tiga faktor penting, yaitu ;
a. Faktor keturunan
b. Faktor lingkungan
c. Faktor diri

V. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang memenuhi kriteria dari segi Ontologis (pengalaman empirik sebagai objek ilmu), Epistemologi (metode ilmiah) dan Axiologis (kegunaan ilmu).

Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diperoleh melalui berbagai cara penginderaan terhadap fakta, rasio, intuisi dan wahyu.
Pengembangan adalah hasil dari ilmu terapan yang ditransformasikan menjadi bahan, alat, atau prosedur kerja.

Langkah-langkah pengembangan dan pemanfaatan IPTEK antara lain:
1. Penelitian dasar
2. Penelitian terapan
3. Pengembangan teknologi
4. Penerapan teknologi
5. Evaluasi ethis-polotis religius
6.
Manfaat IPTEK yang melandasi pendidikan menurut Tim Dosen FIP (1995) harus mampu :
1. Memberikan kesejahteraan lahir dan batin setinggi-tingginya
2. Mendorong pemanfaatan pengembangan sesuai tuntutan zaman
3. Menjamin penggunaanya secara bertanggung jawab
4. Memberi dukungan nilai-nilai agama dan nilai luhur budaya bangsa
5. Mencerdaskan kehidupan bangsa
a. Meningkatkan produktivitas, efisiensi dan efektivitas sumber daya manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: