KELELAHAN OTOT

1. Definisi
Kelelahan otot adalah ketidakmampuan otot untuk memepertahankan tenaga yang diperlukan atau diharapkan.
2. Sistem Syaraf pusat dan Kelelahan Otot Lokal
Pada saat terjadi kelelahan otot, tempat dimana terjadinya gangguan, mengembalikan sinyal atau isyarat ke system syaraf pusat(otak) melalui system syaraf sensoris. Dalam putaran ini, otak mengirimkan sinyal penghambat ke sel-sel syaraf didalam system motorik dan menyebabkan menurunnya kerja otot. Selama istirahat penuh, daerah yang mendapat gangguan cenderung untuk menyimpan kembali sinyal tersebut di dalam otot, dan kelelahan secara berangsur-angsur menjadi berkurang, atau tidak tampak. Kalau pengalihan kegiatan dilakukan selama periode istirahat, sinyal yang lain dari perifer atau dari otak itu sendiri akan mengenai daerah fasilitator otak. Sebagai akibatnya, impuls-impuls fasilitator akan dikirimkan ke system motorik, menyebabkan unjuk kerja otot lebih baik atau mempercepat pulih asal dari kelelahan.
3. Kemungkinan letak dan penyebab kelelahan otot
Di dalam tubuh, otot atau sekelompok otot dapat mengalami kelelahan, karena kegagalan salah satu atau keseluruhan dari perbedaan mekanisme neuromuskuler yang terlibat didalam kontraksi otot. Hal ini dapat disebabkan :
1. Syaraf motor yang menyarafi serabut – serabut otot di dalam kesatuan motor untuk mengirimkan rangsangan – rangsangan persyaratan ( nervous impulses )
2. Persimpangan neuromuskuler ( neuromuscler junction ) memancarkan rangsangan – rangsangan persyarafan dari syaraf motor ke serabut – serabut otot.
3. Mekanisme kontraktil itu sendiri untuk menghasilkan tenaga, dan
4. Sistem syaraf pusat, seperti otak dan spinal cod memulai dan memancarkan rangsangan – rangsangan persyarafan ke otot
4. Kelelahan pada Neuromuscular Junction
Bentuk kelelahan ini tampaknya lebih umum terjadi pada kesatuan motor FT, dan boleh dianggap sebagian terbesar kelelahan dari serabut – serabut FT jika dibandingkan dengan serabut – serabut ST. Kegagalan dari neuromuscular junction untuk memancarkan rangsangan – rangsangan persyarafan ke serabut – serabut otot adalah faktor terbesar yang menyebabkan penurunan pengiriman bahan – bahan kimia, asetilkolin dan akhiran syaraf ( nerve ending ).
5. Kelelahan dalam mekanisme kontraktil
Beberapa faktor yang terlibat didalam kelelahan itu adalah mekanisme kontraktil itu sendiri:
a) Penumpukan asam laktat
Pendapat bahwa penumpukan asam laktat menyertai didalam proses kelelahan. Diperkuat oleh fakta dimana dua mekanisme secara fisiologis yang karena asam laktatnya menghalangi fungsi otot. Kedua mekanisme tersebut tergantung pada efek asam laktat pada pH intraseluler atau konsentrasi ion hidrogen (H+).
Dengan meningkatkan asam laktat konsentrasi H+ meningkat dan pH menurun. Dilaen pihak peningkatan konsentrasi ion H+ menghalangi proses rangkaian eksitasi. Oleh menurunya sejumlah Ca2+ yang dikeluarkan oleh retikulum sarkoplasma dan gangguan kapasitas juga meningkat Ca2+ dengan troponin. Demikian hambatan glikolisis mengurangi penyadiaan ATP untuk energi.
b) Pengosongan simpanan glikogen otot
Latihan yang lama (umpama 30menit – 4jam) glikogen otot didalam beberapa serabut terutama serabut otot ST hampir seluruhnya dikosongkan. Sehingga menyebabkan kelelahan kontraktil. Ini pemikiran yang benar walaupun asam lemak bebas dan glikogen dari hati lebih dari cukup tersedia sebagai bahan bakar untuk serabut-serabut otot. Bahan bakar lainnya tidak dapat sepenuhnya menutupi kebutuhan energi serabut-serabut otot yang glikogennya terkuras.
Faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kelelahan selama periode latian yang lama :
a. Rendahnya glukosa darahmenyebabkan pengosongan cadangan glikogen hati.
b. Kelelahan otot lokal yang disebabkan pengosongan cadangan glikogen otot.
c. Dehidrasi dan kurangnya elektrolit menyebabkan temperatur tubuh meningkat.
d. Rasa jenuh atau bosan.
6. Faktor-faktor Lain
Beberapa factor lain sebagai tambahan, tetapi kurang diperhatikan, yang mungkin mempunyai andil besar dalam kelelahan otot adalah :
• Kurangnya oksigen
• Tidak memadainya aliran darah di serabut-serabut otot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: